Pengalaman Bikin Paspor Melalui Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang

11:50 AM


Capenya antri di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
Selasa, 13 juni 2017 w mau perpanjang paspor coz paspor w habis masa berlakunya 19 juni 2017. W uda coba antrian online melalui website keimigrasian batam tapi ga bisa kebuka trus websitenya, jadi w harus datang ke kantor imigrasi kelas I khusus batam, w niat banget jam 6 kurang berangkat dari rumah, sampai di imigrasi kelas I khusus batam jam 6 pagi dan ternyata antriannya uda panjang banget bahkan uda ada yang antri dari jam 1 malam. Akhirnya w coba ikut antri dari jam 6 s/d jam 8 itu pun antrinya diluar kantor imigrasi, jam 8 pagi kantor imigrasi baru di buka, ada 2 orang petugas sebelum masuk kantor imigrasi kita harus kasih liat KTP dan KK.



Antrian di dalam kantor imigrasi padet banget

Setelah berhasil masuk kekantor imigrasi, di dalampun musih antri lagi dari jam 8 s/d jam 10, untuk cek kelengkapan berkas dan ambil nomor antrian di tutup sampai jam 10 pagi, sedangkan antrian lambat masih panjang banget disito w cuma bisa pasrah antara dapet atau ga, dan ternyata sia-sia w uda berdiri antri dari jam 6 s/d jam 10 ga dapet nomor antrian.

Jam 10 antrian ditutup hanya sampai di No.187

Rabu, 14 juni 2017 w coba lagi dateng ke kantor imigrasi tapi sebelumnya w uda hubungin calo antrian jadi dia yang ngantri dari jam 1 malam, w disuru dateng jam 6 sampai di imigrasi, harga calo antrian Rp100.000,- w rela lah ngeluarin uang Rp100.000,- dari pada w harus dateng tengah malem cuma buat antri doang tapi ternyata gagal lagi, soalnya di kantor imigrasi rusuh jadi w ga berani dateng, untungnya w belum bayar tuh calo.

Beralih ke Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang
Kamis, 15 juni 2017 w memutuskan untuk perpanjang paspor melalui Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang antara nyesek dan bersyukur, nyesek karena jauh musih nyembrang laut tapi bersyukur karena w belum perna ke pulau belakang padang jadi ini kesempatan w bisa pergi kesana.


Pemandangan sunrise di pelabuhan pancung sekupang

Berangkat dari jam 5.50 sampai pelabuhan sekupang jam 6.20, perjalanan dari pelabuhan pancung sekupang sampai di pelabuhan belakang padang sekitar 15 menit tergantung cuaca dan gelombang air laut.

Kapal pancung yang lagi parkir di pelabuhan pancung sekupang


Pelabuhan Belakang Padang

Sampai di pelabuhan belakang padang jam 6.40 langsung bergegas ke kantor imigrasi kelas II belakang padang. Keluar dari pelabuhan belakang padang langsung belok kiri jaraknya ga jauh sekitar 100 meter jadi bisa di tempuh dengan berjalan kaki, setelah mentok ketemu tangga langsung naik aja keatas.


Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang

Persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan
  1. KTP asli dan fotokopi KTP penuh A4, jangan di potong kertasnya 1 lembar
  2. Kartu Keluarga asli dan fotokopi 1 lembar
  3. Akte kelahiran/buku nikah/akte pernikahan asli dan fotokopi 1 lembar
  4. Ijasah terakhir asli dan fotokopi 1 lembar
  5. Paspor lama asli untuk perpanjang paspor dan fotokopi 1 lembar
Dan lain-lain :
  1. Uang tunai Rp355.000,-
  2. Materai 6000 1 lembar, untuk anak-anak 2 lembar
  3. Pulpen warna hitam jangan sampai lupa (untuk mengisi form, surat pernyataan dan ttd)
  4. Pakaian rapih dan sopan (dilarang pakai sandal dan bagi wanita klo ga mau di usir jangan pakai hotpants)
  5. Untuk map ga usa beli karna akan di berikan map khusus imigrasi, gratis
Berhubung w mau perpanjang paspor itu syarat-syarat yang harus disiapkan, untuk syarat penggantian paspor hilang atau rusak dll bisa baca selengkapnya disini atau bisa langsung kunjungi website http://batam.imigrasi.go.id

Sampai di imigrasi w masih beruntung banget dapat no antrian 37, karena w ngurusnya pas bulan puasa antrian di tutup sampai jumlahnya 60 orang, kantor imigrasi belakang padang buka jam 8 pagi jadi yang dateng di atas jam 8 terpaksa pulang lagi karena uda penuh.


Antrian cek berkas No.37


Menunggu panggilan ditemani kucing tidur

Setelah menunggu sekitar jam 10.15 nomor antrian w akhirnya di panggil dan masuk ke ruangan Unit Pelayanan Pengaduan, sambil memeriksa kelengkapan berkas, petugas juga pertanya-tanya tentang keterangan yang ada di KTP seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan ternyata ada yang kurang w ga bawa surat rekomendasi kantor.

Petugas : pekerjaannya?
W : pegawai swasta pak
Petugas : nama perusahaannya?
W : PT. Global Konstrindo Engineering
Petugas : sebagai?
W : elecrical engineer
Petugas : Surat rekomendasi perusahaannya mana mba?
W : ga ada pak, saya kan buat paspor biasa, bukan untuk kerja di luar negeri pak
Petugas : paspor dibuat lamanya 5 tahun mba, siapa tau di Indonesia sudah susa cari pekerjaan, akhirnya mba cari kerja diluar negeri, saya liat disini tempat tanggal lahir mba di jakarta bukan dibatam lagi
W : iya tapi kan KTP saya uda batam pak, saya juga ga berminat jadi TKI pak, saya masi betah kerja di Indonesia
Petugas : karna gerbang tenaga kerja ke luar negeri itu melalui imigrasi mba, berdasarkan keputusan dari pak mentri untuk stop TKI ilegal, kita tidak tau 5 tahun kedepan seperti apa, mba bisa jadi TKI
W : iya tapi saya ga mau jadi TKI pak, klo saya keluar negeri saya maunya jadi Turis pak (sambil pasang muka melas)
Petugas : hahaha (diketawain pula w sama petugas)
bagus lah klo mba ga mau jadi TKI, tapi saya tidak tau mba bisa lolos atau tidak saat wawancara nanti, karna saya hanya bertugas untuk memeriksa berkas sesuai atau tidak 

Kemudian petugas periksa history lama perjalanan yang ada di paspor lama w, akhirnya lolos juga w dari pemeriksaan berkas tanpa surat rekomendasi kantor, kemudian w diberikan map yang berisi form dan surat pernyataan yang harus di isi.

Setelah terisi semua berkas masukan aja ke dalam map jangan lupa tulis nama kita di map dan langsung aja serahkan ke dalam ruangan foto dan wawancara disana ambil nomor antrian lagi.


Serahkan map dan ambil nomor antrian foto dan wawancara



Antrian foto dan wawancara No.56


Tempat untuk wawancara

Loket pembayaran sediakan uang tunai Rp355.000,-

Jam 12.00 kantor imigrasi istirahat dan di buka lagi jam 13.00 karena nomor antrian w masih lama jadi nunggu lagi sampai selesai istirahat, jam 14.30 akhirnya w selesai juga foto, wawancara dan bayar paspor di loket nanti kita dikasih tanda bukti pembayaran dan bukti itu harus dibawa saat menggambil paspor lamanya 3 hari kerja, sebenarnya sii simple untuk mengurus paspor tapi lama antriannya aja yang musih banyak-banyak bersabar.

Jumat, 16 juni 2017 w baru dapet info ini, bacanya itu loh nyesek banget w uda jauh-jauh nyembrang ke belakang padang dan uda selesai juga urus paspor tinggal ambil tanggal 20 juni 2017 ini pengumuman baru keluar.

Layanan antrian via whatsapp kantor imigrasi kelas I khusus batam


Kembali lagi ke Belakang Padang
Selasa, 20 juni 2017 w balik lagi ke imigrasi kelas II belakang padang untuk pengambilan paspor jam 1 siang, serahkan tanda bukti pembayaran ke petugas di ruang Unit Pelayanan Pengaduan dan tunggu panggilan, lumayan cepat lah jam 2 siang w uda selesai ambil paspor baru tapi sayang paspor lama tidak di kembalikan. 

Menunggu panggilan ambil paspor diluar ruangan unit pengaduan pelayanan


Akhirnya selesai juga

Setelah paspor w selesai, kemudian w jalan-jalan keliling belakang padang dan buat lo yang belum perna ke belakang padang dan mau berkunjung ke belakang padang sekalian baca ini yah jalan-jalan keliling belakang padang.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

cikpu.id

Instagram