Perpanjang STNK dan Ganti Plat Motor 5 Tahunan di Samsat Batam 2019

11:19 PM


Senin, 10 desember 2018 berhubung STNK dan plat motor w sudah jatuh tempo tanggal 5 desember 2018, sebagai masyarakat Indonesia yang baik kita wajib mengurus dan membayar pajak. Lima tahun lalu w sudah punya pengalaman mengurus sendiri balik nama BPKB di Polda Kepri TANPA CALO!! jadi nggak terasa sekarang sudah 5 tahun jadi w harus perpanjang STNK dan ganti plat motor 5 tahunan, w mengurus sendiri di Samsat Kepri, Batam Center dan prosesnya pun mudah, yuk simak dan baca prosedur cara perpanjang STNK dan ganti plat motor berikut ini.

Waktu kerja perpanjang STNK 5 tahun

1. Melakukan cek fisik motor 
Saat sampai di samsat, langsung saja parkir motor di area khusus parkir cek fisik roda dua. Kemudian ambil antrian dan serahkan semua persyaratan di loket pendaftaran cek fisik.
  • KTP Asli
  • BPKB Asli (nama pemilik harus sesuai dengan nama di KTP)
  • STNK Asli (nama pemilik harus sesuai dengan nama di KTP)
  • Jika diurus oleh orang lain, sertakan surat kuasa diatas materai 6.000

Loket pendaftaran cek fisik motor

Setelah persyaratan sudah diserahkan, KTP asli dikembalikan lagi ke kita dan tunggu giliran nama kita dipanggil, ketika nama kita dipanggil, petugas akan meyuruh kita untuk membawa motor dan parkir di depan loket cek fisik. 


Petugas cek fisik motor

Petugas berwerpak biru akan menggosok nomor rangka dan nomor mesin pada motor kita, setelah selesai cek fisik kembalikan lagi motor ke tempat parkiran semula, kemudian menunggu panggilan lagi dan setelah itu semua persyaratan akan dikembalikan beserta berkas cek fisik, kemudian kita akan di arahkan ke loket pengesahan yang berada di bawah.

2. Pengesahan hasil cek fisik
Semua persyaratan dan berkas yang kita terima dari loket cek fisik kemudian diserahkan ke loket pengesahan untuk dilegalisir, disini kita antri lagi dan menunggu panggilan. Setelah selesai kita akan di arahkan ke pusat informasi di dalam gedung samsat. 


Loket pengesahan

3. Penyerahan berkas di pusat informasi
Sebelum ke pusat informasi kita harus ambil nomor antrian terlebih dahulu. 


Ambil nomor antrian

Kemudian serahkan semua berkas ke pusat informasi.
  • KTP Asli & foto kopi 1 lembar
  • BPKB Asli & foto kopi 1 lembar
  • STNK Asli & foto kopi 1 lembar
  • Jika diurus oleh orang lain, sertakan surat kuasa diatas materai 6.000
  • Berkas cek fisik yang telah dilegalisir

Pusat Informasi

Lebih baik siapkan foto kopi dari rumah, karena foto kopi di samsat ramai banget dan antri. Setelah berkas sudah diserahkan tunggu panggilan lagi, kemudian kita akan di arahkan ke lantai 2.

4. Pembayaran STNK 5 tahunan
Semua persyaratan dan berkas yang kita terima dari pusat informasi kemudian diserahkan ke lantai 2 di loket PNBP, setelah diperiksa, BPKB asli akan dikembalikan ke kita, setelah itu tunggu panggilan dan antrian, siapkan uang pembayaran STNK 5 tahunan.
  • Motor Rp 160.000,-
  • Mobil Rp 300.000,-

Loket PNBP

Setelah membayar STNK, kita akan di arahkan ke loket 1 bagian ujung.

5. Pendaftaran pembayaran pajak
Semua berkas yang kita terima dari loket PNBP di serahkan ke loket 1 dibagian ujung, setelah diperiksa, kemudian nomor antrian dan tanda bukti pembayaran STNK akan dikembalikan ke kita, setelah itu tunggu panggilan dan antrian.

Loket 1 Pendaftaran

Tanda bukti pembayaran STNK 
& Nomor antrian

6. Pembayaran pajak
Semua berkas yang kita terima dari loket 1 kemudian di serahkan ke loket kasir 4 atau kasir 5, setelah itu tunggu panggilan dan antrian. Kemudian bayar pajak sesuai surat ketetapan pajak daerah. 

Kasir 4 dan Kasir 5

W kena pajak motor Rp 170.000,- biayanya turun dari pajak motor tahun lalu, karena nggak ada biaya ADM STNK dan biaya ADM TNKB.

7. Penyerahan STNK
Setelah bayar pajak kemudian tunggu panggilan dan antrian untuk mengambil STNK di loket penyerahan STNK, disini kita serahkan nomor antrian dan tanda bukti pembayaran STNK. Setelah STNK sudah diterima dan tanda bukti pembayaran STNK di kembalikan ke kita, kemudian turun kebawah untuk ambil plat motor di TNKB.


Loket Penyerahan STNK

8. Ambil plat motor baru
Sebelum kamu ke TNKB, kita harus lepas plat motor lama terlebih dahulu, w bersyukur banget untung bawa obeng sama kunci pas dibagasi motor jadi bisa buka plat motor sendiri. 

Pengambilan TNKB

Pintu Masuk TNKB

Setelah plat motor lama dilepas kemudian serahkan ke loket TNKB beserta STNK dan tanda bukti pembayaran STNK. Kemudian tunggu panggilan dan antrian. Setelah menunggu kurang lebih 20 menit akhirnya selesai juga plat motor baru dan STNK kita pun di kembalikan.



Loket TNKB

9. Pasang plat motor baru
W bisa lepasin plat motor tapi nggak bisa pasangnya, soalnya plat musih dikasih lubang jadi w nggak kuat ngelubanginnya, jadi w bayar orang yang nawarin jasa pasang plat motor biayanya Rp10.000,-

Pasang plat motor baru

Mengurus perpanjang STNK dan ganti plat motor sendiri tanpa calo, ternyata nggak seribet yang dibayangkan kok tapi setelah di jalani prosesnya sesuai dengan prosedur sangat mudah dan cepat prosesnya memakan waktu 
kurang lebih sekitar 2 jam. Saran lebih baik mengurusnya di pagi hari saat pendaftaran di buka jam 08.00 agar tidak terpotong jam istirahat.

You Might Also Like

26 komentar

  1. Wah, ternyata Prosedur perpanjang STNK dan ganti plat motor cukup mudah ya. Gak perlu pakai calo, hanya butuh meluang waktu saja.

    ReplyDelete
  2. Tulisannya sangat membantu. Jadi tau berkas apa saja yang perlu dipersiapkan dan di fotokopi.

    ReplyDelete
  3. Info yang bermanfaat sekali nih, kak. Jadi orang2 pada tau apa saja yang harus dipersiapkan kalau mau perpanjang STNK dan plat motor 5 tahunan. Kalau dibaca sih nampaknya ribet, tapi kalau dijalani dan syarat2nya lengkap, insyaAllah mah nggak ribett...

    ReplyDelete
  4. Awalnya sy kira ngurus STNK itu ribet... maka nya sampai skrg malas perpanjang STNK.

    Btw... terima kasih artikel bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. Sangat Bermanfaat...saya di Batam juga, barusan 29 Jan 2019 ngurus perpanjangan 5 tahunan...1.5 Jam aja prosesnya di SAMSAT BATAM! Cepat prosesnya

    ReplyDelete
  6. Utk cek fisik 5tahunan apakah bisa dilakukan didaerah lain dgn legalisir cek fisik dari kota lain. mengingat mobil dlm tugas kedinasan diluar kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya dan telp langsung ke kantor samsat batam aja bro/sist (0779) 460014

      Delete
  7. Thx atas info nya.. jadi bisa tau ngurus stnk apa aja yg disiapkan berkasnya. Hari ini sy ngurus stnk 5 tahunan.. doakan sukses yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga lancar sist,,, terima kasih sudah baca blog ini :)

      Delete
  8. Saya mau nanya..
    Jika motor masih kredit/motor sekond,dan kreditnya sudah brjalan hmpir 7 bulan..
    Dan platnya bntar lgi udah mau mati..
    Otomotatis kan bpkp masih disorum,dan stnk blom atas nma sendiri

    Jdi...
    Prtanyaan saya adalh...
    Gimana cara ngurusnya itu...
    Krna persyaratannya hrus ada bpkb,n stnk atas nma sendiri...

    Apakah sorum yng ngurus atau gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya sorumnya aja bro/sist biasanya kalau motor belum lunas di bantu

      Delete
  9. Kalau mau oper nama bpkb dan stnk motor bagaimana ya bapal ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.windawijayanti.my.id/2013/12/balik-nama-bpkb-motor-di-polda-batam.html
      update terbarunya bisa cari dan baca di google bro/sist

      Delete
  10. Kalau mau oper nama bpkb dan stnk motor bagaimana ya bapal ibu

    ReplyDelete
  11. Kalau motor bukan atas nama kita apa hrus blik nama dulu y
    Krna tangan pertama sudah tdk ad d Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya harus balik nama bro/sist, baca disini yah tapi updatenya bisa di cari dan baca di google
      https://www.windawijayanti.my.id/2013/12/balik-nama-bpkb-motor-di-polda-batam.html

      Delete
  12. Kalo ngurus motor yang pajaknya dan platnya udah mati gimana sedangkan berkas nya cm ada bpkb asli stnk print out samsat dan pemilik ktpnya cm ada fotokopy aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya harus balik nama bro/sist, baca disini yah tapi updatenya bisa di cari dan baca di google
      https://www.windawijayanti.my.id/2013/12/balik-nama-bpkb-motor-di-polda-batam.html

      Delete
  13. Motor dgn stnkTg.Pinang, apakah bisa minta TNKB di Samsat Batam ?
    Ini dikarenakan Samsat Pinang gak ada stok plat dari Jan'19 sd sekrg.
    Klu ada Razia, siapa yg ditilang ?

    ReplyDelete
  14. Kalau bpkb sedang digadai di bank bisa nggak foto copy dan surat keterangan dari bsnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu soal itu gan, coba tanya langsung ke pusat informasi samsat gan

      Delete
  15. Klo bpkb masih digadai di bank bisa nggak foto copy dan surat keterangan dari bakn yg bersangkutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu soal itu gan, coba tanya langsung ke pusat informasi samsat gan

      Delete
  16. Saya mau nanya . Saya baru beli motor bekas . Nah yang tangan pertama itu udah gak di Batam lagi . Jadi gimna itu bro.
    Cuman ada foto copy nya aja .

    ReplyDelete

Like us on Facebook

cikpu.id

Instagram