Wedding Vendor Reviews

12:59 PM


Alhamdulillah acara pernikahan w yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 berjalan dengan lancar. Posting ini w tulis karena banyak yang tanya-tanya jadi untuk kalian yang sedang merencanakan pernikahan di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya mungkin ini bisa menjadi referensi vendor untuk acara pernikahan kamu.

1. Lokasi Pernikahan 
Sebelum mengadakan pernikahan pasti harus diskusi dulu bareng pasangan, apakah pernikahan akan dilaksanakan dirumah atau digedung? w dan pasangan sepakat tidak mengadakan pernikahan dirumah karena di daerah rumah w sudah tidak ada halaman dan lahan kosong, jadi perlu diperhitungkan untuk parkirannya, karena sudah ada peraturan untuk acara hajatan tidak boleh menutup dan mengganggu akses jalan umum. 

Sebelumnya w mencari lokasi yang sesuai dengan budget, awalnya kami berencana mengadakan pernikahan sederhana dengan tamu undangan yang gak terlalu banyak sekitar 150 orang (keluarga dan teman dekat saja). 

Jadi pilihan pertama di Restoran Pondok Laras, karena itu rumah makan sudah pasti gak perlu ribet lagi dengan urusan catering makanan.  Untuk sewa gedungnya menurut w relatif murah Rp 2.000.000,- /5 jam dari akad sampai selesai. Dekorasi sederhana mulai harga Rp 1.200.000,- ukuran 3 meter dan dekorasi wedding ukuran 6 meter mulai harga Rp 5.000.000,- harga bisa berubah sewaktu-waktu. 


Tapi acara menikah di restoran GAGAL karena dari pihak orang tua w tidak setuju karena lokasi tidak strategis dikarenakan keluarga dan saudara-saudara w dan pasangan tempat tinggalnya jauh-jauh. 

Pilihan terakhir Gedung LPMP DKI JAKARTA jujur w dan pasangan keberatan karena harga sewa gedungnya mahal banget Rp 11.000.000,- dari pagi dan hanya sampai jam 1 siang. Fasilitas yang diterima yaitu gedung, sound system, orgen tunggal dan penyanyi.



Karena lokasi strategis dekat dengan rumah dan akses jalan tol, akhirnya terpaksalah kami ikutin kemauan orang tua untuk mengadakan acara pernikahan di Gedung LPMP DKI JAKARTA.


Selain gedung ada juga di sewakan kamar penginapan, berhubung keluarga pasangan w dari Bandung dan acara akad nikah dilaksanakan pada pagi hari agar tidak terlambat maka kami akhirnya pesan 5 kamar untuk menginap dan harga 1 kamarnya Rp 250.000,-/hari (1 kamar ada 4 kasur), harga bisa berubah sewaktu-waktu.

2. WO (Wedding Organizer)

Setelah booking gedung, kebetulan dari pihak gedung memberikan referensi bermacam-macam katalog Wedding Organizer. Awalnya supaya hemat biaya kami tidak menggunakan WO tapi terkendala karena w dan pasangan sama-sama kerja di Batam sedangkan acaranya di Jakarta jadi susah untuk mengurus acaranya dan setelah dihitung-hitung biaya menggunakan WO atau tidak, biaya yang dikeluarkan gak beda jauh, kecuali kalau acaranya diadakan dirumah mungkin bisa mengurangi biaya.

Akhirnya w coba liat-liat katalog WO dan rata-rata harga WO paling murah mulai dari Rp 47.000.000,- jadi buat kamu yang mau menggunakan jasa WO harus berhati-hati jangan sampai tergiur dengan harga dibawah standar, jika ada tawaran WO di bawah Rp 40.000.000,- kamu musih selidiki terlebih dahulu, karena sudah banyak banget korban penipuan WO.


Saat memilih WO pun, w bener-bener selidiki semua katalog-katalog WO terlebih dahulu mulai dari sosial media, alamat di google map, review, semua informasinya w cari di google. Akhirnya kami sepakat menggunakan jasa  CV. Mustika Wedding, sebenarnya ada yang sedikit murah dari WO ini tapi setelah w baca review di google maps banyak komplen, jadi gak mau ambil resiko. Dan dari semua WO yang w cari tahu, harga jasa CV. Mustika Wedding termasuk yang murah dibandingkan WO lainnya.

CV. Mustika Wedding sudah menyediakan paket komplit mulai dari catering, MUA,  dekorasi, foto, MC acara dan baju resepsi (1 pasang baju pengantin, 2 pasang baju ortu, 4 baju pagar ayu/pagar bagus). W pilih paket I untuk 500 orang dengan harga Rp 47.900.000,- harga bisa berubah sewaktu-waktu. Review CV. Mustika Wedding selengkapnya bisa di baca disini.

3. Baju Akad Nikah
Berhubung pihak WO hanya menyediakan baju untuk resepsi aja, jadi untuk baju akad kami beli sendiri, sebenarnya bisa sewa baju akad sekalian tapi harga sewanya Rp 1.000.000,- dipikir-pikir dari pada sewa baju tambah biaya lagi, mending beli aja sekalian jadi hak milik. Baju w pilih hemat jadi beli di Shopee aja gamis berukat payet, kerudung, aksesoris + Rp 500.000,- untuk sepatu sekalian pakai sepatu buat resepsi dari WO. Dan baju untuk pasangan w jas, celana, kemeja, sepatu, aksesoris + Rp 600.000,-

4. Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan w pakai undangan kertas dan undangan video, untuk undangan kertas w cetak undangan kreasi di Shopee harganya mulai dari Rp 1.000,- dan w beli sebanyak 250 lembar aja, untuk keluarga dan teman-teman w pakai undangan video.



Undangan video w bikin sendiri karena pengen beda aja dan kebetulan w suka bikin video di youtube. Rencana w bakal bikin tutorial cara mudah bikin video undangan simple, yang tertarik nanti bisa liat tutorialnya di chanel youtube w disini.




5. Souvenir Pernikahan
Untuk souvenir w dan pasangan cari yang bermanfaat bisa di gunakan, dan kami pilih pena sebagai souvenir pernikahan. Souvenir pena w beli di toko olshop yang ada di Shopee harganya Rp 900,- /pc minimal order 50pc dan w beli sebanyak 400pc sekalian buat dibawa ke batam untuk di bagikan ke teman-teman kantor.

6. Seserahan 
Untuk seserahan w pilih tempat yang harganya hemat-hemat aja, beli box hantaran di toko souvenir yang ada di Shopee, 1 set isi 4 kotak harganya Rp 120.000,- dan pasangan w beli sebanyak 8 kotak. Isi seserahannya standar seperti perlengkapan sholat, pakaian, sepatu, perlengkapan mandi, dan yang paling utama w minta peralatan buat bikin konten youtube w, hehe biaya untuk hantaran + Rp 2.000.000,-

7. Kebaya Keluarga
Berhubung pakaian nikah dari WO hanya untuk pengantin, orang tua dan pager ayu/bagus jadi untuk seragam keluarga inti cuma beli dua aja. W beli atasan kebaya kutubaru di toko kebaya yang ada di Shopee harga Rp 70.000,- /pc.

8. Bus Travel
Berhubung keluarga pasangan w dari Bandung jadi untuk transportasi perjalanan ke Jakarta menggunakan 1 mini bus. Harga sewa mini bus Rp 1.500.000,- / 16 jam. 
Kurang lebih itulah rincian pernikahan w dan pasangan, w hitung-hitung rincian tersebut baru 75% sisanya 25% lagi untuk mas kawin, tiket PP Batam-Jakarta, dll. Nikah itu MURAH biaya akad nikah cuma Rp 600.000,- yang MAHAL itu resepsinya. 

Kembali lagi ke tiap-tiap orang, mau nikah sederhana atau pakai resepsi. Jujur w sii maunya nikah sederhana tapi terkendala kemauan orang tua w. Maklum di Indonesia menikahi orang yang kamu cintai, maka kamu juga akan menikahi keluarganya, jadi siap-siap nabung buat biaya resepsi nikah.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

cikpu.id

Instagram