Pengalaman Pertama Naik Kalayang Bandara Soekarno - Hatta

10:22 PM

Setelah lima hari di Jakarta w sama sekali gak ada rencana untuk jalan-jalan karna harus menyelesaikan semua urusan sebelum kembali ke Batam. Selasa, 12 november 2019 w balik ke Batam, karna w berangkat saat hari kerja w takut ketinggalan pesawat gara-gara macet, akhirnya w memutuskan untuk berangkat jam 10.00 pada hal pesawatnya jam 15.30

W naik bus dambri jam 10.30 dari terminal kampung rambutan, alhamdulillah perjalanan lancar  sampai di Bandara Soekarno-Hatta jam 11.30 buset w kecepetan 4 jam, sudah check-in online dan sudah print boarding pass di mesin check-in mandiri yang berada di terminal 1C karna w tanpa bagasi jadi tidak perlu mengantri bisa langsung masuk dari pintu khusus tanpa bagasi. 

Tapi w gak langsung masuk karna masih lama dari pada bosen nunggu di dalam akhirnya w memutuskan untuk mencoba naik Kalayang. Kalayang (Kereta Melayang) atau Skytrain merupakan fasilitas bandara yang dapat digunakan oleh penumpang untuk melakukan perpindahan antara terminal 1, 2 dan 3 di Bandara Soekarno-Hatta tanpa dipungut biaya alias GRATIS dan sangat efesien waktu.

Karena sudah waktunya sholat zuhur, akhirnya dari terminal 1C w memutuskan untuk sholat di terminal 3 sambil  jalan-jalan keliling bandara naik Kalayang  dan melihat bandara termegah yang baru dibangun, kurang kerjaan banget kan, haha.


Pintu Masuk Shelter Kalayang Terminal 1

Saat memasuki Shelter Kalayang Terminal 1 rasanya nyaman, bersih dan AC nya juga sejuk, kemudian langsung saja naik eskalator, disini juga disediakan lift untuk orang-orang yang membutuhkan.


Lift Shelter Kalayang Terminal 1

Dilantai dua disediakan tempat duduk untuk menunggu kedatangan kalayang dan bisa melihat jadwal waktu kedatangan kalayang di LCD yang berada di stasiun, jadi tidak perlu takut ketinggalan karna kalayang datang setiap 13 menit sekali. 

Ruang tunggu stasiun kalayang termina 1

Saat kalayang tiba akan ada pemberitahuan tujuan s
helter terminal yang akan dilewati. Ketika kalayang datang biasakan tertib yah, antri dan tunggu di tanda masuk melalui jalur kanan dan kiri pintu sedangkan jalur tengah untuk para penumpang yang akan keluar dari kereta, jadi dahulukan penumpang yang akan keluar terlebih dahulu yah gaes.


Tanda masuk dan keluar kalayang

Saat di dalam kalayang jagalah kebersihan dilarang makan, minum, membuang sampah dan duduklah dengan tenang, dahulukan penumpang yang membutuhkan prioritas seperti orang tua, ibu hamil dan disabilitas.



Tempat duduk kalayang

Kalayang bisa di naiki dari Shelter Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan juga di Integrated Building yang terhubung dengan Stasiun Kereta Api Bandara. Jika ada kesempatan lagi w akan coba menjajal naik kereta api bandara dan w bakal tulis pengalaman selajutnya disini.

Rute kalayang yang berada di dalam kereta

Dari terminal 1 ke terminal 2 memakan waktu tempuh 5 menit sedangkan terminal 2 ke terminal 3 memakan waktu tempuh 7 menit. 


Shelter Kalayang Terminal 3

Di Shelter Kalayang Terminal 3 tersedia vending machine minuman dan tempat charger hp.

Vending machine minuman

Jadwal kedatangan kalayang

Sampai di Shelter Kalayang Terminal 3 w langsung mencari Musolah, letaknya ada dibawah tinggal turun saja dengan eskalator.


Eskalator Shelter Kalayang Terminal 3




Seneng banget bisa melihat perkembangan transportasi di Jakarta semakin canggih dan mempermudah perjalanan. Jadi buat kita sebagai pengguna harus bisa menjaga fasilitas umum yah gaes jangan barbar dengan merusak.



Dan jangan lupa jagalah kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya, disetiap terminal sudah disediakan tempat sampah.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

cikpu.id

Instagram