Pages

Tugas Akhir W dan Lidya

Sistem Monitoring Miniatur Water Level Control dengan SDACA WonderWare dan PLC Glofa

Latar Belakang
Sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) mengacu pada sistem kombinasi dari telemetri dan akusisi data. Sistem ini terdiri dari pengambilan informasi, transfer data yang diambil ke pusat pengendali, kontrol dan pengambilan analisa dan kemudian penampilan data dalam beberapa monitor. Sistem SCADA digunakan untuk memonitor dan mengontrol perlatan-peralatan dalam sebuah industri. Banyaknya sistem di industri yang menggunakan SCADA inilah yang membuat penulis tertarik untuk membuat sebuah monitor SCADA yang mudah untuk di implementasikan.
Water Level Control adalah satu dari sekian banyak sistem yang ada dalam dunia industri. Dengan dukungan sistem SCADA sistem (proses industri biasa diawasi dan dikendalikan dari jauh, sehingga bisa menghemat biaya, waktu, dan tenaga) akan semakin memberi gambaran tentang kondisi sebenarnya yang ada dalam sistem Water Level Control sederhana ini.

Perancangan Mekanik

Sistem monitoring miniatur water level control terdiri dari tiga bagian alat yaitu :
  1. Komputer/laptop sebagai sistem monitoring miniatur water level control.
  2. Panel PLC sebagai kontrol peralatan masukan dan keluaran miniatur water level control.
  3. Plan miniatur water level control sebagai penyaluran air dari tangki sumur ke tangki menara dan juga sebaliknya penyaluran air dari tangki menara ke tangki sumur.

Perancangan Tampilan SCADA WonderWare

Halaman beranda merupakan halaman utama pada proyek akhir ini, tampilan terdiri dari :
a. Judul tugas akhir
b. Keterangan kampus dan jurusan
c. Tombol halaman


Halaman personal berisi tentang data personal pembuat proyek akhir, halaman ini hanya bersifat tambahan. Tidak ada hubungan langsung dengan plan, tampilan terdiri dari :
a. Data personal pembuat tugas akhir
b. Tombol halaman


Halaman plan menampilkan plan yang ada, sekaligus sebagai halaman operasional. Karena dari halaman ini kita bisa dapat langsung mengeksekusi plan agar bekerja. Dimana tampilannya disesuaikan dengan tombol-tombol seperti modul yang nyata. Halaman ini ditampilkan untuk mempermudah pengontrolan memulai layar komputer.

Tampilan terdiri dari :
a.Pompa air
b.Tangki menara
c.Tangki sumur
d.Lampu tanda level air
e.Display ketinggian air
f.Push buttons
g.Jam digital
h.Tombol halaman

 
 Video Tugas Akhir 



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

1 komentar:

Return to top of page
Powered By Blogger