Pengalaman Jalan-jalan Naik MRT Jakarta

12:36 PM


Minggu, 9 juni 2019 mumpung w lagi mudik pulang kota, kebetulan setiap libur lebaran Jakarta lagi sepi, jadi kesempatan untuk mencoba pertama kalinya w naik MRT Jakarta. Nah w naik dari stasiun MRT Fatmawati jadi yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir  di Taman Cilandak area samping kiri tangga masuk stasiun MRT Fatmawati, biaya parkir dikenakan Rp 5.000,-


Langsung saja naik melalui tangga masuk Stasiun Fatmawati kemudian cari loket tiket, saat membeli tiket biasakan mengantri yah gaes, malu ah sama tetangga sebelah yang uda punya budaya antri tertib, masa kita kalah.



Berhubung w hanya berpergian sekali saja jadi w pilih tiket MRT single trip card dengan harga Rp15.000,- Harga tersebut diluar tarif yang dikenakan untuk perjalanan dari stasiun keberangkatan ke stasiun tujuan, nilai Rp15.000,- ini bersifat deposit dan tiket berlaku hanya untuk satu orang saja.



Single trip card nanti bisa dikembalikan (refund) di loket tiket stasiun MRT Jakarta. Tiket dapat ditukarkan dalam keadaan valid, tidak rusak, tidak kadaluarsa. Masa tenggang kartu single trip hanya tujuh hari sejak masa pembelian.


Bagi anak-anak yang tinggi badannya kurang dari 90cm tidak dikenakan tiket bisa di dampingi oleh orang tua, dan jika tinggi badan anak sudah mencapai 90cm maka harus memiliki tiket.



Untuk mengisi saldo tiket perjalanan bisa melalui loket tiket atau mesin tiket otomatis, berikut video tutorial singkat mesin tiket otomatis yang w abadikan.


Kemudian tiket yang sudah di isi bisa langsung digunakan untuk tap in di gate bertanda warna hijau stasiun keberangkatan dan tap out di stasiun tujuan.



Setelah masuk bisa langsung menunggu kedatangan MRT, tanda warna kuning untuk penumpang yang akan naik MRT sedangkan tanda warna hijau untuk penumpang yang akan turun dari MRT, jadi dahulukan penumpang yang akan keluar terlebih dahulu yah gaes.


Geser kekiri untuk melihat foto lainnya

Saat di MRT jagalah kebersihan dilarang makan, minum, membuang sampah, dan duduklah dengan tenang, dahulukan penumpang yang membutuhkan prioritas seperti orang tua, ibu hamil dan disabilitas.

Geser kekiri untuk melihat foto lainnya

Buanglah sampah sesuai dengan jenisnya

Setelah mencoba MRT Jakarta menurut w masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki seperti mesin tiket otomatis yang tiba-tiba tidak berfungsi  dan gate tap in, tap out yang macet tidak berfungsi sehingga terjadi antrian yang panjang dan sangat menyita waktu. Semoga perbaikan kedepan bisa membuat masyarakat jakarta beralih ke transportasi umum.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Eh, aku baru liat nih tong sampahnya keren juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena tong sampahnya keren makannya di foto :D

      Delete

Like us on Facebook

cikpu.id

Instagram